fhirman-ilham.blogspot.com

Tips Bagaimana Mengoptimalkan SEO Blog

Selasa, 14 Mei 2013

Mengoptimalkan SEO Blog

SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah teknik atau skill yang wajib untuk dikuasai oleh seorang Blogger. Sebelumnya tulisan ini saya buat untuk orang yang memiliki blog atau orang yang ingin memberikan optimasi pada blog tetapi perlu memiliki sebuah bekal ilmu dalam menjadi seorang blogger. Kalau diperhatikan fenomena yang terjadi oleh para blogger pemula, banyak dari mereka yang melakukan cara-cara instan dalam optimasi web mereka.

Akhirnya dengan niat optimasi blog justru malah menurunkan nilai (peringkat) blog pada mesin pencari. Sebenarnya jika anda ngin meng-optimasi website milik anda cukup melakukan hal-hal yang sederhana saja. Saya membagi optimasi dalam 3 jenis yaitu Optimasi awal, Optimasi onpage, Optimasi offpage.

Pada optimasi awal, ini adalah jalan start dalam mengoptimalkan SEO blog ketika membuat sebuah blog. Optimasi awal hal yang penting untuk anda lakukan, yaitu:

  1. Anda memilih ide atau tama tentang blog yang anda ingin buat. Tips Cara memilik tema blog anda dengan memilih tema atau materi yang paling anda kuasai dan pahami. Lalu pilihlah tema yang memang menarik minat hati anda dan paling ingin anda bahas.
  2. Pilih nama domain blog yang akan anda buat, nama domain dibuat dengan berhubungan dengan tema atau materi blog anda. Lalu pilih kata kunci yang paling umum dari berbagai jenis kata kunci, teliti dahulu agar anda dapat memilih kata kunci yang terbaik.
Kita masuk pada optimasi onpage, pada optimasi ini menurut saya yang paling penting, walaupun memang semua optimasi tersebut penting, karena pada optimasi ini jika delakukan dengan baik ,maka memberikan dua keuntungan sekaligus, selain menigkatkan SEO juga sekaligus membuat pengunjung anda dapat dengan nyaman menjelajah pada blog anda. Hal yang perlu untuk anda lakukan pada optimasi SEO on page yaitu:
  1. Buat template blog anda, dengan kolom artikel (isi) berada di sebelah Kiri dan Sidebar di sebelah Kanan. Hal ini dilakukan agar penginjung website anda dapat merasa nyaman ketika membaca isi dari posting anda.
  2. Anda dapat memasang Title Tag dan Desciption Tag pada setiap artikel. Buat deskripsi halaamn blog anda dengan singkat dan padat. Tips-nya gunakan kata-kata yang penting saja dan paling banyak dicari pengguna search engine.
  3. Buat akun Google Webmaster Tools, dan manfaatkan fitur-fiturnya karena sangat berguna untuk optimasi blog anda.
  4. Ketika akan membuat judul artikel yang terbaik, usahakan kata-kata dan lebih utama lagi kata kunci terdapat pada isi arikel. Judul artikel akan masuk menjadi URL dari artikel halaman web, dan juga secara otomatis menjadi title tag.
  5. Hal yang sangat diperhatikan adalah menyebar kata kunci di dalam artikel dengan sewajarnya. Karena bila anda membuat keyword (kata kunci) dalam artikel secara berlebihan akan dinilai spam oleh search engine sehingga akan menurunkan nilai dimata SE (search engine).
  6. Buat posting atau artikel yang berkualitas dan tidak asal jadi, apalagi copas 100% pada web orang lain. Karena hal ini akan diketahui oleh google (sebagai search engine terbesar), dan peringkat web anda akan turun bahkan web anda aka dimasukan ke dalam daftar backlist, sehingga web anda tidak akan muncul di dalam hasil pencarian.
  7. Untuk kenyamanan pembaca anda dalam mencari informasi, usahakan di dalam artikel anda ada link lain (link web anda sendiri) yang mengarahkan pembaca untuk membaca lebih detail pada isi artikel anda sekarang, pengunjung akan barada di web anda terus dan hal ini akan meningkatkan kualitas blog anda di mata Google.
  8. Hindari meakukan melakukan Hidden Text, Penumpukan Kata Kunci serta Link Spam yang terdapat pada isi artikel anda.
  9. Hindari juga blog anda dari kegiatan bebagai program Paid Link.
  10. Buatlah artikel yang berbobot, makusud berbobot disini adalah buatlah artikel minimal adalah 400 atau 500 kata atau yang lebih dari itu lebih baik.
  11. Gunakan bahasa yang baku dalam menulis artikel, sehingga perlu diperhatikan setiap kata-kata yang anda tulis, karena hal ini penting agar kata-kata tersebut dapat dikenali atau dibaca oleh mesin pencari, jika yang ditulis adalah kata-kata yang disingkat (tidak baku) bagaimana dapat dikenali?
  12. Rajin update artikel dengan menambahkan point-point tertentu dari kekurangan pada isi artikel blog anda sebelumnya.
  13. Rajin memposting artikel tentang topik yang masih segar dan penting secara tetatur.
  14. Gunakan Alt Tag yang tepat pada image (gambar) pada website anda yang nantinya akan memberikan point lebih pada web anda.
Terakhir, kita masuk pada optimasi offpage (luar), pada optimasi ini hal yang perlu untuk anda lakukan
  1. Mencari backlink yang baik untuk blog anda, tips mencari backlink yang berkualitas dengan memperhatikan link-link yang mengarah ke blog anda, apakah isi artikel pada link tersebut behubungan dengan blog anda? Usahkan yang isi artikel tersebut berhubungan dengan isi artikel milik anda, karena hal ini akan memberikan nilai lebih blog anda. Sehingga hal yang perlu diperhatikan disini adalah jangan mencari backlink secara asal saja, carilah backlink yang berkualitas. Setelah itu terpenuhi cari backlink yang banyak tetapi tetap jangan berlebihan sewajarnya saja (natural).
  2. Promosikan blog anda melalui Social Network, Social Bookmark, RSS Directory, Web Directory. Daftar ke tempatkan tersebut dan promosikan blog anda.
Tips terakhir (yang secara umum) adalah hendaknya anda bersabar dalam membangun sebuah blog, karena itu dalam terus meningkatkan kualitas blog diperlukan proses dan waktu yang panjang, maksu saya disini adalah jangan pernah berputus asa jika anda belum melihat sebuah peningkatan, terus perbaiki teknik optimasi SEO anda.

Semoga artikel tentang mengoptimalkan SEO Blog ini dapat bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

0 komentar

Posting Komentar