fhirman-ilham.blogspot.com

Apa Kegunaan Firewall Di Windows?

Jumat, 24 Mei 2013

Apa Kegunaan Firewall Di Windows?

Untuk orang-orang yang suka browsing imternet sering terdengar istilah firewall, dan apa firewall itu? Firewall merupakan sebuah aplikasi atau yang semacamnya (yang biasanya sudah terpasang pada windows secara default), yang berfungsi mengtur lalu lintas pada jaringan komputer. Dari arti katanya Firewall yang berarti dinding.

Saya akan sederhana menjelaskan tentang apa itu firewall ? dan apa kegunaan dari firewall ? saya akan jelaskan secara perlahan-lahan, mudah-mudahan dapat dimengerti tentang firewall ini.

Sebuah komputer yang secara langsung terhubung pada jaringan internet, dengan menggunakan modem DSL, kabel telepon tanpa menggunakan router atau yang sejenisnya. Komputer yang terhubung dengan internet secara otomatis akan memiliki alamat IP.

Alamat IP komputer dapat diketahui bahkan diakses oleh seluruh orang yang terhubung dengan internet. Setiap aplikasi, fitur, file atau yang lainnya di dalam komputer anda bisa terancam untuk diakses oleh orang lain. Sehingga hal ini akan sangat membayakan data-data rahasia milik anda.

Disitulah peranan firewall yang sangat penting, firewall dapat mencegah atau memblok penguna komputer lain untuk masuk (melalui jaringan Internet) ke dalam isi dari komputer anda. Karena jika mereka dapat masuk ke dalam jaringan lokal di dalam komputer anda, apa yang akan terjadi? tentunya mereka dapat dengan seenaknya untuk mengakses atau melihat isi di dalam komputer anda seperti file-file atau yang lainnya.

Bahkan mereka dapat mencuri dan mengacak-acak data-data di dalam komputer. Lebih bahayanya hal ini terjadi dalam keadaan anda tidak mengetahui para penguna jahat di jaringan internet telah menyusup ke dalam komputer anda.

Itulah pentingnya kegunaan fitur firewall pada windows default. Dalam hal ini terdapat tiga jenis jaringan (opsi firewall) yang dapat anda setting seperti Home network, Work network atau Public network. Jika anda memilih mode Home network maka firewall akan memperbolehkan semua jaringan mengakses komputer anda. Jika anda memilih Public network maka firewall tidak memperbolehkan dan mencegah jaringan komputer lain untuk mengakses komputer anda.

Fitur Firewall Di Windows

Diperumpamakan Firewall seperti seorang bodyguard atau penjaga yang berada diantara jaringan internet dan komputer, sehingga firewall akan melindungi komputer dari berbagai serangan yang berasal dari jaringan internet. Sehingga telah jelas dari tujuan utama dari fitur firewall ini, adalah agar user atau pengguna komputer yang tidak menginginkan dan ingin mencehah lalu lintas jaringan (tidak dikenal) dan berusaha untuk masuk ke dalam komputer.

Fitur firewall ini diperlukan oleh orang-orang yang sering browsing atau menjelajah pada jaringan internet, tetapi yang perlu disayangkan fitur milik windows secara default ini kurang mendapatkan perhatian oleh para pengguna internet. Pada Windows XP terdapat fitur firewall baru pada Windows XP SP2, karena untuk versi sebelumnya belum ada fitur firewall. Mungkin versi sebelumnya ini dibuat hanya untuk penguna yang bekerja dengan jaringan lokal saja.


Memang windows telah memiliki fitur firewall yang sudah terpasang bersama operasi system tersebut. Tetapi terdapat pula para pengembang software membuat software firewall seperti software Sygate Firewall, McAfee, BitDefender Zone Alarm dan berbagai software firewall lainya, baik ada yang gratis ataupun yang berbayar. Antivirus juga ada yang memiliki fitur firewall.

Firewall cukup diperlukan oleh komputer-komputer yang memiliki data-data penting dan rahasia didalamnya, sehingga perlu dipertimbangkan untuk mengatifkan firewall di dalam komputer. Semoga Artikel tentang apa dan kegunaan firewall ini dapat bermanfaat.


Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh


0 komentar

Posting Komentar