fhirman-ilham.blogspot.com

Laptop dengan Touchscreen Atau Layar Sentuh Layar Mulai Diminati

Kamis, 23 Mei 2013

Laptop dengan Touchscreen Atau Layar Sentuh

Minat masyarakat untuk mengunakan laptop touchscreen atau layar sentuh mulai mengalami sebuah peningkatan, Laptop dengan layar sentuh memang memberikan kelebihan tersendiri untuk pengunanya, dengan navigasi dan kontrol laptop yang mudah dan cepat. Sehingga tampaknya dengan kelebihan fitur layar sentuh ini, dapat menarik para pengguna komputer atau laptop non touchscreen untuk beralih mengunakan laptop touchscreen.


Berdasarkan penelitian atau survey yang dilakukan oleh berbagai analis pasar, seperti NPD DisplaySearch ataupun IHS DisplayBank telah menunjukkan bahwa minat masyarakat penguna terhadap laptop dengan layar sentuh atau touchscreen sudah mulai meunjukan tanda-tanda peningkatan. Data ini diambil dari tiga bulan pertama di tahun 2013 ini, penjualan laptop dengan fitur layar sentuh ini dilaporkan telah mencapai angka hingga 10% dari total laptop yang terjual dalam periode 3 bulan awal tersebut.

Walaupun memang sebenarnya dengan Angka 10% tersebut belum mencapai target penguna yang diharapkan oleh para pengembang atau produsen laptop, sehingga jika dibanding dari total penjualan laptop tersebut memang belum bisa dikatakan tinggi. Tetapi, hal ini menunjukan tanda-tanda bahwa perangkat laptop dengan touchscreen, akan semakin diminati masyarakat untuk waktu kedepan.

Sebuah Tren positif penjualan laptop dengan touchscreen ini diperkirakan akan terus mengalami peningkatan penjualan seperti halnya dengan tiga bulan awal di tahun 2013 ini, bahkan dapat diperkirakan dari berbagai analis pasar bahwa tingkat penjualan produk laptop dengan touchscreen atau layar sentuh bisa melampaui hingga angka 15% di akhir tahun 2013 nanti.

Ada suatu hal yang perlu diperhatikan dari angka penjualan laptop layar sentuh ini, yaitu bila diperhatikan penjualan laptop secara keseluruhan telah menurun cukup jauh pada tiga bulan pertama tahun 2013 dibandingkan dengan periode yang lalu di tahun 2012 , sehingga tingkat penjualan 10% dari total penjualan laptop itu secara umum mungkin bisa dikatakan cukup kecil.

Tetapi dengan meningkatnya para peminat laptop dengan touchscreen dapat memberikan angin segar untuk meningkatkan minat terhadap laptop, sehingga menjadikan hadirnya rasa optimis baru bagi para produsen laptop.

Terlebih lagi ada suatu hal yang menarik perhatian yaitu langkah Microsoft untuk memperbarui Windows 8, hal ini dapat mengakibatkan dimasa mendatang akan menurunnya penjualan Personal Computer. Atau karena dengan kemunculan versi baru Windows 8, beragam merek laptop mulai mengusung model laptop dengan fitur layar sentuh. Fungsi yang satu ini memang dipasang karena versi terbaru sistem operasi Microsoft tersebut memang tampilannya dioptimalkan dan sangat coock untuk touchscreen.

Keberhasilan penjualan laptop dengan fitur layar sentuh dapat sukses, dengan sebuah catatan bila update atau perbaruan Widows 8 tersebut juga sukses banyak yang mengunakannya. Segala kemungkinan masih dapat terjadi, apalagi dalam masalah teknologi tiap-tiap merek dan jenis memiliki kemampuan istimewa yang tersendiri.

Laptop Touchscreen dimulai dengan harga yang cukup murah yaitu seharga US$200 atau sekitar Rp. 1.9 juta, dengan berbasis operasi sistem Windows 8 yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini. CEO Intel yaitu Paul Otellini mengatakan, "Jika Anda melihat Notebook dengan fitur layar sentuh berbasis Intel yang menggunakan prosesor Bay Trail, harganya akan turun drastis menjadi $200,” demikian ujarnya seperti yang dilansir pada Cnet.

Seorang eksekutif Intel dari China mengatakan sebuah point yang cukup menarik bahwa produsen dapat membuat desain laptop yang cukup istimewa yaitu dengan tebal hanya 8mm atau 0.3 inci (sangat tipis), selain itu eksekutif Intel dari China itu juga menyatakan konsumsi daya baterai dapat lebih hemat dengan laptop dapat hidup tanpa isi ulang baterai dalam beberapa minggu dalam kondisi standby.

Selain itu ada jenis laptop-laptop dengan layar sentuh lainnya dengan berbagai model dan jenis, yaitu yang pertama laptop merek Samsung NB30 – dengan harga 268 Euro, laptop ini memiliki suasana nuansa laptop layar sentuh yang cukup memanjakan anda, dengan layar 10,1 inc dan 1024x600 piksel, tajam dan terang. Laptop ini mungkin dapat menjadi pilihan walaupun layarnya tidak dapat memutar.

Lalu yang kedua ada laptop merek Asus T91MT dengan harga cukup tinggi yaitu 459 euro. Laptop layar sentuh ini dilengkapi dengan pen stylus yang tujuannya untuk memudahkan anda dalam menggunakannya. Jenis ini juga menyediakan layar mungil dengan 8,9 inci yang dapat memutar.

Ketiga ada Packard Bell Butterfly Touch LX.BL502.011 dengan harga yang selangit juga yaitu 529 euro.Berat laptop ini 1,6 kg dengan layar 11,6 inci, layar dapat berputar 180 derajat dan dilipat kebawah keyboard.

Keempat ada merek Toshiba Satellite U500-1EX seharga 584 Euro. Laptop ini memiliki fitur-fitur yang sangat mengagumkan, sehingga laptop ini sangat cocok digunakan oleh para profesional dalam bekerja.

Terakhir ada merek Acer 1825PT dengan harga yang selangit juga yaitu 679 Euro. Laptop ini memiliki layar 11,6 inci yang dapat berputar, 1,366x768 piksel, 1.3GHz Intel Core 2 Duo SU7300 processor, dan hard drive hingga 320GB.

Semoga Artikel ini dapat bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

0 komentar

Posting Komentar