fhirman-ilham.blogspot.com

Plugin Browser ScrapBook Menyimpan Halaman Website Untuk Dibaca Secara Offline

Sabtu, 11 Mei 2013

Plugin Browser ScrapBook Menyimpan Halaman Website Untuk Dibaca Secara Offline

Ketika anda browsing di halaman-halaman situs kemudian menemukan sebuah atau beberapa artikel di halaman blog yang ingin sekali membaca posting artikel tersebut tetapi anda tidak mempunyai banyak waktu atau tidak sempat untuk membacanya. Jika terjadi kejadian seperti ini, mungkin anda berfikir ingin membacanya lain kali tetapi tanpa perlu repot-repot mengaktifkan internet lalu browsing mencarinya kembali. Dengan Plugin Browser ScrapBook anda dapat menyimpan halaman tersebut dengan mudah dan membacanya di lain waktu secara offline (tanpa menghidupkan internet).

Atau ada lagi orang yang biasanya menyimpan halaman blog atau website yang tujuannya memang untuk dibaca secara offline nantinya dengan
melakukan cara bookmark. Tetapi cara tersebut masih merepotkan karena saat anda ingin mengaksesnya kembali, anda diharuskan membaca secara online yaitu dalam kondisi komputer terkoneksi dengan jaringan internet. Jika demikian tentunya akan sama aja seperti dengan cara pertama diatas. Sehingga Plugin ScrapBook ini menjadi sebuah plugin browser yang sangat diperlukan untuk digunakan.

Menyimpan halaman website atau blog dengan mudah
Dengan add-ons Firefox ScrapBook ini dapat membantu anda untuk menyimpan halaman website secara utuh. Untuk penggunaan fitur dari ScrapBook ini diinlai sangat mudah hanya dengan klik kanan lalu pilih save. Berikut langkah –langkahnya, pertama anda mengujungi halaman add-ons ScrapBook (untuk mengunjungi halaman add-ons ScrapBook, klik link di bawah ini).

https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/scrapbook/

Setelah halaman terbuka klik tombol Download Now. Setelah itu akan ada proses mengunduh plugin browser, tunggu (hanya sebentar) hingga proses pengunduhan selesai. Kemudian akan muncul kotak dialog dari browser, yang isinya apakah anda mengijinkan memasang add-ons ScrapBook ke dalam browser (Firefox). Maka ijinkan plugin atau add ons ini jika anda ingin menggunakannya.


Setelah itu agar add-ons ScrapBook aktif di browser, anda diminta untuk melakukan restart browser terlebih dahulu. Muncul kotak dialog lalu Klik Restart Now.

Sekarang anda dapat memulai untuk menggunakan fitur dari add-ons ScrapBook. Cara penggunaanya cukup mudah dan sangat cepat, kunjungi halaman website yang anda inginkan. Jika anda ingin menyimpan halaman website tersebut, caranya klik kanan pada halaman dan muncul pilihan opsi Save Page. 


 

Setelah anda menyimpan halaman tersebut, sehingga secara otomatis akan tersimpan di dalam ScrapBook dan anda dapat mengakses halaman tersebut yang tentunya dibaca secara offline (yang sudah tersimpan) melalui sidebar pada browser Firefox. Anda juga dapat menyimpan lebih dari satu halaman sekaligus. 

Fitur lainnya yang dimiliki add-ons ini agar mempermudah mengkelompokan masing-masing halaman yang anda simpan berdasarkan kriteria tertentu (yang anda inginkan), dengan menggunakan root folder. Anda dapat membuat folder tersebut dengan nama folder sesuai dengan keinginan anda, cara membuatnya sangat mudah.

Jika anda ingin membuka halaman web yang telah anda simpan sebelumnya, anda cukup tekan tombol Alt + K pada keyboard atau anda dapat klik tombol ScrapBook pada sidebar browser firefox. Setelah itu terdapat semua daftar halaman web beserta judulnya yang telah Anda simpan berdasarkan folder penyimpanan yang anda buat. 


Lalu klik judul halaman yang ada di daftar tersebut untuk membukanya dan ScrapBook menampilkan halaman web atau blog tersebut secara offline pada tab,halaman web tersebut sama seperti ketika anda browsing dahulu (sebelum menyimpanya di ScrapBook).

Semoga
Artikel tentang cara menyimpan halaman blog atau website untuk nantinya dibaca secara offline dengan Plugin Browser ScrapBook ini dapat bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

0 komentar

Posting Komentar