fhirman-ilham.blogspot.com

Menyimpan Data Secara Online Di Internet Dengan Menggunakan Dropbox

Rabu, 19 Juni 2013

Menyimpan Data Secara Online Di Internet Dengan Menggunakan Dropbox

Dropbox adalah sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data atau file secara online. Sehingga dengan menggunakan layanan Dropbox ini kita dapat menyimpan beberapa file yang kita inginkan secara online. Karena kita dapat menyimpan data secara online, maka Dropbox ini merupakan layanan penyimpaan data yang berbasiskan (bertempat) pada website.

Layanan ini dioperasikan oleh perusahaan pengembang teknologi perangkat lunak dan web Dropbox, Inc. Dengan layanan menyimpan data ini secara online maka secara otomatis anda akan dapat berbagi data / file dengan pengguna internet lain di seluruh dunia. Anda dapat berbagi file, software, atau file lainnya dengan teman atau orang lainnya dengan mudah.

Data berupa file program, dokumen word atau lainnya yang telah anda upload tersebut pada layanan Dropbox akan menghasilkan sebuah alamat link yang secara otomatis akan diberikan, dengan link yang diberikan tersebut seseorang dapat mendownload data file yang telah anda upload. Sehingga bila anda ingin berbagi data-data milik anda tersebut, maka anda dapat menyebarkan atau membagikan link tersebut kepada orang lain. Begitulah kurang lebih dari maksud berbagi file pada layanan penyimpanan data online.

Layanan aplikasi Dropbox didirikan pada tahun 2007 silam, memang sudah cukup lama aplikasi peyimpanan data berbasis web ini telah berdiri, sehingga dengan rentang waktu yang cukup lama tersebut, layanan ini telah banyak memiliki pengalaman dalam meningkatkan kualitas layanannya. Dropbox didirikan oleh lulusan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) yaitu Drew Houston dan Arash Ferdowsi. Mereka mulai membangun layanan ini dengan menggunakan modal awal yang didapat dari Y Combinator dan beberapa perusahaan lainnya.

Layanan penyimpanan data Dropbox ini menyediakan layanan yang gratis juga disamping layanan yang berbayar. Sudah tentu dengan menggunakan layanan yang berbayar tentu akan diberikan fitur yang lebih dibandingkan dengan layanan yang bersifat gratis. Tetapi walaupun kita hanya mengharapkan menjadi pengguna yang menggunakan layanan yang gratis, jangan bersedih. Fitur yang diberikan kepada pengguna yang memakai layanan yang gratis juga cukup baik. Karena secara umum fasilitas yang diberikan tidak terlalu berbeda, hanya perbedaanya terletak pada hal kapasitas space yang diberikan.

Menyimpan Data Secara Online Di Internet Dengan Menggunakan Dropbox

Untuk kepopuleran dan jumah pengguna dari layanan Dropbox ini, apabila dibandingkan dengan layanan yang sejenisnya, Dropbox memiliki jumlah pengguna yang relatif besar. Penggunanya juga menggunakan perangkat yang bervariasi seperti menggunakan PC, perangkat mobile ataupun yang lainnya. Untuk  sistem operasi seperti Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux.

Pada jenis perangkat mobile, pengguna Dropbox diantaranya iPad, Android, Windows Phone 7, iPhone, WebOS, dan Blackberry. Layanan Dropbox sampai di tahun 2013 ini memberikan layanan gratisnya dengan menyediakan 2 GB penyimpanan data file online dengan gratis. Bahkan Para pengguna yang menyarankan Dropbox ke orang lain, dan mampu mengajaknya untuk menggunakan layanan Dropbox maka bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 8 GB.

Setelah beberapa tahun berkembang, tepatnya Pada tahun 2011, pernah Dropbox melakukan sebuah terobosan dengan meluncurkan fitur "Dropbox for Teams", fitur ini berfungsi sebagai sebuah layanan dari Dropbox yang memang dikhususkan untuk kelompok bisnis atau kelompok sejenisnya. Dengan layanan ini anda mendapat kemudahan dalam mengendalikan administrasi dan yang semacamnya.

Tentunya karena fitur "Dropbox for Teams" ini diberikan atau direkomendasikan untuk kalangan pada pebisnis , sehingga untuk menggunakan layanan ini kita akan dikenai harga yang sangat mahal. Tetapi untuk orang-orang seperti kita yang memang bukanlah seorang profesionel, selain dari harga yang selangit, kita tampaknya juga tidak terlalu membutuhkan layanan yang semacam ini.

Dropbox memberikan kepada pengguna dengan akun gratis dengan kapasitas data sebesar 2 GB. Dan untuk akun yang berbayar akan diberikan kapasitas sebesar 50 GB dan 100 GB. Seperti dijelaskan sebelumnya, tidak ada perbedaan yang jauh terhadap layanan yang diberikan antara berbayar dan gratis, kecuali dalam masalah kapasitas penyimpanan data online yang diberikan.

Bahkan bagi pengguna akun khusus akan diberikan layanan penyimpanan data dengan menggunakan kapasitas data sebesar 1 TB atau bahkan lebih dari itu. Memang sebuah kapasitas data yang sangat besar disediakan oleh layanan penyimpanan data ini. Tetapi bagi anda yang pengguna baru, mungkin menggunakan yang versi gratis juga tidak masalah. Jika anda ingin manambah kapasitas, tinggal melakukan upgrade ke layanan berbayar.

Bahasa pemograman yang digunakan oleh aplikasi Dropbox adalah Python. Untuk bahasa utama pengunaan aplikasi ini, akan ditemui saat menggunakan Dropbox ini bahasa yang tersedia yaitu bahasa inggris (sebagai bahasa utama), bahasa jepang, jerman, spanyol, dan perancis yang sedang dalam tahap beta (pengembangan) bahasa-bahasa tersebut. Sayangnya hingg tahun 2013 belum support bahasa Indonesia.

Sekarang kita masuk pada cara menggunakan Dropbox dan juga tentunya untuk menggunakan layanan Dropbox secara otomatis kita akan diperintahkan untuk menginstall software Dropbox pada Komputer. Seperti dijelaskan sebelumnya, layanan Dropbox mendukung untuk para pengguna PC, laptop, Android dan banyak lainnya.

Dengan menginstall software dropbox, maka Setiap data file yang terkoneksi akan otomatis terhubung dengan komputer, ponsel, atau device lainnya, sehingga memudahkan dalam proses upload.

1. Langkah pertama untuk dapat menggunakan layanan ini adalah mendaftar akun Dropbox, kunjungi halaman di bawah ini.
Setelah anda mengunjungi halaman website resmi layanan Dropbox di atas akan ditemui tampilan web seperti di bawah ini.

Tampilan halaman website resmi layanan Dropbox

Untuk membuat akun klik “Sign Up”. Setelah itu akan muncul empat buah kolom, isi kolom yang tersedia di atas, kolom tersebut berisi:
First name: Isi dengan nama depan anda.
Last name: Isi dengan nama belakang anda.
Email: Isi dengan alamat email anda yang masih aktif.
Password: Isi dengan password / kata kunci yang sulit ditebak.
Jika anda sudah selesai mengisi 4 kolom di atas, klik Sign Up dan setelah itu akan muncul perintah-perintah selanjutnya. Ikuti saja perintah tersebut untuk membuat akun Dropbox, cukup mudah kok.

2. Setelah membuat akun selesai, kita diperintahkan untuk menginstall sebuah aplikasi Dropbox di dalam komputer atau gadget kita. Ukuran filenya sekitar 33 MB. Untuk mendownload aplkasi Dropbox kunjungi halaman di bawah ini.
https://www.dropbox.com/downloading?src=index
Setelah kita mendownload aplikasi Dropbox, maka selanjutnya install software tersebut. Untuk menginstall-nya, jalankan file Dropbox yang telah di-download sebelumnya (dengan klik 2 kali pada file). Lalu akan muncul sebuah jendela untuk pertama kalinya, seperti gambar di bawah ini.

Proses menginstall aplikasi Dropbox

Disana (gambar di atas) ada kotak dialog yang ada dua pilihan, jika sudah memiliki akun maka pilih bagian “I already have Dropbox account“, Klik next. Lalu kita akan diperintahkan untuk login dengan akun yang telah kita buat sebelumnya, tujuannya untuk menghubungkan aplikasi dengan akun di internet.

3. Setelah itu akan muncul jendela baru, klik Install.  Untuk proses selanjutnya akan muncul jendela yang akan menanyakan tempat untuk hasil install aplikasi, seperti kebanyakan pengguna memilih folder Program files di Local disk C:.

4. Lalu akan juga muncul jendela yang akan menanyakan jenis akun yang anda inginkan, seperti free (gratis) akan mendapatkan 2 GB, atau menggunakan layanan yang berbayar dengan harga $9.99 perbulan dan $19.99 perbulan yang  masing-masing akan mendapatkan kapasitas peyimpanan data yang lebih besar dibanding dengan yang free. Lihat gambar di bawah ini.

Proses menginstall aplikasi Dropbox

Setelah itu anda klik next, dan ikuti perintah selanjutnya hingga nantinya proses install akan dimulai. Proses install akan memakan waktu beberapa lama.

5. Setelah proses install software telah selesai, dan akun Dropbox telah dibuat, sekarang kita masuk ke dalam pembahasan cara menggunakan Dropbox, sebenarnya cara menggunakan Dropbox cukup mudah, kita hanya butuh pembiasaan saja untuk dapat dengan lancer dalam menggunakan Dropbox.

Kita dapat menambahkan folder dan berbagi dengan teman-teman yang menggunakan akun Dropbox juga, tanpa harus melakukan copy paste link. Seperti yang sering dilakukan oleh banyak orang. Untuk membagikan data atau file yang ingin kita bagikan, yang kita lakukan hanya meng-invite teman yang mau kita ajak ke folder atau file milik kita,

Lalu file yang kita simpan di folder tersebut akan otomatis ada di komputer teman yang kita invite. Dengan syarat juga teman anda memakai Dropbox dan sedang online. Praktis dan Mudah, bukan?.

Untuk berbagi folder caranya, (sebelumnya login ke website Dropbox dahulu). Anda buat sebuah folder di sana (terserah anda nama folder tersebut), maka folder akan otomatis ada di komputer yang sudah tersinkronisasi atau terhubung dengan aplikasi Dropbox. Lihat gambar di bawah.

Tampilan dari layanan Dropbox

Klik kanan pada folder tersebut, maka akan ada beberapa pilihan, pilih Invite to folder options. Setelah itu muncul tampilan jendela, lalu masukan email Dropbox teman kita, jika teman kita menyetujuinya maka kita sudah tersinkronisasi dengan teman kita. Dan ada juga beberapa pilihan lainnya seperti Share Link, Download, Delete dan beberapa opsi pilihan lainnya seperti pada gambar di atas.

Nah, kita sudah tahu kehebatan dari fitur yang dimiliki oleh layanan untuk menyimpan data ini. Dropbox dapat melakukan itu tanpa kita harus login ke website, men-upload, dan tanpa meng-copy link. Dan orang yang men-download pun bisa mendownload-nya secara langsung (direct). Sehingga menjadi sangat mudah berbagi file dengan teman-teman.

Dengan menyimpan file kita di Dropbox, kita tidak perlu khawatir, Dropbox menjamin bahwa file yang disimpan di sana akan tetap aman. Fitur yang sangat bagus yaitu dropbox memberikan fitur undo untuk mengatasi bila mana file yang Anda simpan tidak sengaja untuk terhapus. Dan beberapa fitur lainnya terdapat di dalam layanan Dropbox ini, anda akan merasakan fitur-fitur yang sangat banyak tersebut ketika menggunakan layanan media peyimpanan data ini.

Semoga Artikel tentang layanan penyimpanan data secara online dengan Dropbox  ini dapat bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Apabila artikel tentang Dropbox ini dapat bermanfaat, silahkan anda dapat menshare artikel ini melalui facebook, twitter, Goggle+ atau yang lainnya, pada tombol di bawah ini.

0 komentar

Posting Komentar