fhirman-ilham.blogspot.com

Apa itu Game Berbasis Web atau Web Game?

Minggu, 30 Juni 2013

Apa itu Game Berbasis Web atau Web Game?

Web Game atau sering disebut juga Game Berbasis Web merupakan suatu permainan game komputer yang dimainkan melalui internet dan menggunakan aplikasi dari web browser. Jadi apabila kita temukan ada sebuah game yang berbasiskan web atau web game, maka untuk memainkan game tersebut harus mengaktifkan internet dan juga menggunakan aplikasi web browser. Memang ada sedikit perbedaan antara game PC biasa, yang biasanya diinstall di komputer melalui kaset atau download dari internet seperti salah satunya game strategi perang warzone, dibandingkan dengan game yang berbasiskan Web atau Web games yang membutuhkan persyaratan lebih.

Walaupun memiliki perbedaan, tetapi sebenarnya bentuk permainannya sama saja. Hanya game berbasis web membutuhkan internet dan web browser untuk dapat memainkannya. Syarat untuk suatu browser agar dapat memainkan game berbasis web ini, web browser tersebut harus mendukung bahasa pemograman javascript, php, dan juga flash. Sehingga tidak semua browser dapat mendukung game yang berbasis web. Jadi pilihlah browser yang mendukung seperti persyaratan di atas.

Ada beberapa web browser yang mendukung tampilan flash,bahasa program javascript, dan php. Yang diantaranya yaitu web browser yang paling populer seperti Mozilla firefox, dan juga web browser yang dimiliki oleh search engine Google yaitu Google chrome. Dan beberapa web browser lainnya yang sudah cukup populer.

Game berbasis web yang tentunya dimainkan dengan menggunakan browser, sebenarnya dibuat dan dijalankan dengan menggunakan teknologi game yang menggunakan fitur internet network, sehingga dengan memainkan game yang berbasis web ini, selain bermain game seperti biasanya, kita juga akan terhubung dengan pemain lain secara online. Jadi, seperti dijelaskan sebelumnya apabila kita ingin memainkan game yang berbasiskan web maka perlu untuk memasang internet pada komputer terlebih dahulu.

Dengan bermain game dengan terhubung secara online maka tentunya ini merupakan sebuah kelebihan dari game yang berbasiskan web. Karena dengan bemain game yang berhubung secara online suasana bermain game menjadi lebih seru dan menyenangkan. Ada juga beberapa game online yang memberikan fitur untuk melakukan chat (obrolan) untuk para pemain game berbasiskan web.

Sebenarnya ada sebutan lain yang cukup trend dari istilah game yang berbasis web, yaitu game online, yang dimainkan di web browser. Ada beberapa game berbasis web browser yang tersedia di internet, seperti game-game yang sudah populer di jejaring sosial facebook, dan beberapa situs lainnya yang menyediakan permainan game berbasiskan web. Tetapi yang sudah sangat populer adalah game online yang berbasiskan web di media sosial fabebook.

Karena untuk memainkan game online yang berada di facebook, kita cukup dengan memiliki akun fabebook untuk dapat memanfaatkan fitur bermain game-game tersebut. Karena game-game tersebut sudah terintegrasi atau terhubung dengan media sosial facebook. Dengan kemudahan ini sangat banyak pemain-pemain game online yang berbasiskan web di Facebook, terlebih pengguna facebook di dunia sangat banyak.

Seperti salah satunya game berbasis web yang berada di facebook yaitu game Ninja saga, yang merupakan game yang sudah sangat popular diantara para pengguna facebook. Game Ninja Saga ini bertema tentang permainan ninja dengan tampilan seni gerakan bela diri yang cukup menarik. Permainan Ninja Saga ini menggunakan tampilan 2 Dimensi. Dan permainan game ini menggunakan sistim real-time sehingga ketika bermain game berbasiskan web ini kita akan melakukan pertarungan secara terus menerus.

Unutk memainkan game tersebut anda dapat mengunjungi akun facebook milik anda dan mencari game tersebut dengan nama “Ninja saga”. Selain game diatas, ada juga game berbasiskan web lainnya yang bukan berasal dari facebook, seperti gameWAR2 yang merupakan sebuah game dengan genre strategi yang dibuat oleh developer atau pengembang gamedari Cina yaitu Wistone.

Game perang ini mengambil cerita dari sebuah peristiwa dari Perang Dunia ke dua, jadi suasana pada permainan ini adalah suasana perang, kita akan dibawa pada suasana perang di tahun 1940. Dan sebenarnya ada banyak game yang telah bertebaran di Internet yang dapat kita mainkan. Silahkan dicari saja di search engine Google atau yang lainnya.

Memang antara jenis dari game biasa dengan game yang berbasis web masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri seperti yang telah dipaparkan di atas. Sehingga untuk memilih antara memainkan game berbasis web dengan game biasa / offline, itu semua tergantung dari keinginan masing-masing. Terkadang ada orang yang suka game online berbasiskan web, yang lainnya lebih suka game yang offline.

Semoga Artikel tentang penjelasan game yang berbasiskan web ini dapat menambah pengetahuan.
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Apabila artikel ini dapat bermanfaat, silahkan anda dapat menshare artikel ini melalui facebook, twitter, Goggle+ atau yang lainnya, pada tombol di bawah ini.

0 komentar

Posting Komentar