fhirman-ilham.blogspot.com

Tips Persiapan Menghadapi Ujian Nasional

Selasa, 26 Februari 2013

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Setelah melewati perjalanan sekolah dari awalnya masuk sakolah sebagai adik kelas, tidak terasa sekarang sudah menjadi kakak kelas yang paling atas (kelas 3).Tibalah saat yang mendebarkan walaupun hanya dilaksanakan tiga hari, tetapi sudah cukup membuat kita tegang (jangan tegang, harus tenang ya), sehingga kita harus mempersiapkan semuanya, beberapa bulan Sebelum menghadapi UN tingkatkan hal-hal berikut ini :


1. Belajar dengan lebih giat dari sebelumnya. Dan Persiapkan diri dengan banyak berlatih dengan soal-soal ujian nasional tahun-tahun sebelumnya.

2. Kurangi waktu bermain dang anti waktu tersebut dengan belajar,

3. Matikan HP untuk sementara waktu agar tidak menganggu saat belajar.

4. Disarankan juga lakukan belajar secara berkelompok dengan teman-teman agar dapat saling membantu membahas soal dan dengan belajar kelompok lebih semangat belajar. Ingat agar lebih semangat belajar tapi kalau malah kebanyakan bercanda lebih baik belajar sendiri saja.

5. Mengurangi bahkan menghilangkan sebisa mungkin menonton televisi apalagi pada acara yang tidak bermanfaat. Demikian juga menonton televisi bisa membuat konsentrasi belajar menjadi menurun.

6. Mencari kisi-kisi Ujian Nasional, maksudnya jenis-jenis soal yang akan keluar pada Ujian Nasional. Ingat kisi-kisi soal bukan bocoran kunci jawaban  mencari kisi-kisi ujian nasional agar mengerti soal-soal ujian nasional nanti.

7. Jangan belajar kebut semalam dalam menghdapi ujian nasional, jusru persiapkan Malam sebelum dengan hal ringan seperti  hanya untuk mengingat kembali materi yang telah kita kuasai.
8. Pastikan semua perlenkapan ujian pada malam sebelum ujian nasional seperti pensil komputer dan penghapus yang bagus. Jangan sampai ada yang ketinggalan

9. Menjaga kesehatan, sudah bersusah payah belajar mempersiapkan ujian nasional, sangat kasihan apabila pas hari ujian nasional sakit. 

10. Pada saat hari Ujian nasional  Bangunlah lebih awal lalu jangan lupa sarapan pagi sebelum mengerjakan ujian nasional .

11. Waktu terima soal ujian nasonal  dan lembar jawab, isi identitas di lembar jawab dahulu dengan tenang, jangan langsung baca soal dahulu.

12. Berdo'a sebelum mengerjakan soal ujian nasional seperti mengucapkan Bismillah artinya dengan menyebut nama Allah (aku mengerjakan soal ujian nasional ini)

13. Ketika menemui soal yang sulit jangan terfokus disitu, tinggalkan saja dulu, ganti soal selanjutnya yang lebih mudah,

14. Jika sudah selesai dan masih ada waktu, gunakan untuk mengecek lembar jawaban kita apakah ada yang kurang, termasuk mengecek kelengakapan identitas di lembar jawaban.

Kalau ada yang mau menambahkan silahkan berikuan saran atau tips berupa komentar dibawah, jika tipsnya bagus nanti saya masukan ke postingan, terimakasih.
 
Semoga nanti bisa lulus dengan nilai yang bagus semua, Amiin.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

0 komentar

Posting Komentar