fhirman-ilham.blogspot.com

Mengatasi Kelelahan Mata di Depan Komputer

Selasa, 26 Februari 2013

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Memang terlalu lama di depan komputer di dalam satu waktu, akan dapat membuat mata menjadi rusak. Kerusakan mata ini dapat terjadi karena ketika seseorang matanya mengalami kelelahan, tetapi dia masih tetap memaksakan diri untuk menggunakan komputer, tentunya kebiasaan seperti ini dihindari. Alangkah baiknya apabila kita tidak berlama-lama di depan komputer, tetapi cari dengan kegiatan lain seperti berolah raga dan yang semacamnya (tapi ini hanya pendapat saya).

Berikut cara-cara mengatasi Kelelahan Mata di Depan Komputer dengan melakukan hal-hal dibawah ini:
  1. Layar komputer di depan kita di berisi radiasi yang membahayakan untuk tubuh, Beberapa point cara mengurangi rasa Kelelahan Mata ketika di depan Komputer:
  2. Perhatikan pencahayaan dalam ruangan, sehingga tidak terlalu terang dan menyilaukan mata. Atau sebaliknya ruangan tidak terlalu gelap atau redup. Usahakan agar ruangan cukup penerangannya.
  3. Atur cahaya monitor sehingga tidak terlalu tajam atau terlalu lemah. Lebih bagus bila ditambahkan filter glass monitor atau filter yang diletakan di depan layar monitor
  4. Periksa juga keadaan monitor masih baik atau tidak, caranya bandingkan dengan monitor lain.
  5. Jangan terlalu terpaku pada satu tempat di layar monitor.
  6. Istirahatlah dengan cara sering mengedipkan mata atau melihat ke arah lain beberapa kali lalu lanjutkan atau berbaringlah beberapa menit untuk menghilangkan pegal di tubuh.
  7. Juga sering gerakkan leher dan bahu, kaki, pinggang serta otot-otot di muka.
  8. Kalau punya biaya lebih, singkirkan Monitor tabung yang memang memberi efek yang lebih buruk dibanding LCD, selain itu Monitor tabungm nembutuhkan energi yang lebih besar.
  9. Usahakan jarak mata ke layar lebih dari 50 cm, dan juga gunakan kacamata pelindung untuk mata kita.
Memang ada beberapa resiko dalam menggunakan komputer, khusus untuk anak-anak ada hal negatif dari komputer seperti bermain game secara berlebihan, yang tentunya akan membahayakan untuk sang anak sendiri. Semoga Artikel tentang cara mengatasi kelelahan mata di depan komputer ini dapat bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

0 komentar

Posting Komentar