Lihat Dulu Customer Supportnya
Ini adalah salah satu faktor terpenting ketika Anda memilih perusahaan Web Hosting yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. Siapa pun Anda, Anda akan selalu memberikan pertanyaan, komentar, bahkan mendapatkan problem.Jenuh dengan perusahaan Web Hosting yang menawarkan Technical Support 24 jam namun telephone mereka jarang diangkat atau hanya dijawab dengan answering? Atau bahkan “Live Chat” (Human Click, PHP Live) mereka yang selalu offline? Apa hal yang paling dikhawatirkan oleh seorang Customer setelah selesai melakukan pembayaran? Tentu saja khawatir akan pelayanan support yang buruk oleh perusahaan Web Hosting tsb!
Sebelum Anda memilih perusahaan web hosting untuk website Anda, pastikan bahwa semua pertanyaan Anda baik melalui e-mail, telepon, maupun chat online selalu dijawab dalam waktu yang cukup singkat (kurang dari 1 jam). Hal ini secara langsung mengukur tingkat profesionalitas layanan.
Pastikan Perusahaan Hosting yang Anda Pilih benar – benar sebuah Perusahaan yang Profesional
Perusahaan tempat Anda membeli Nama Domain atau Layanan Web Hosting bisa jadi tidak lebih dari seorang anak SMA /Kuliahan yang melakukan pendaftaran domain dan experiment server di kamar tidurnya atau dengan kantor asal jadi saja? Bagaimana kelanjutan Nama Domain Anda ketika saat perpanjangan nama domain, security nama domain Anda dan lain sebagainya, jika perusahaan tersebut tidak serius atau bahkan telah tutup (tidak exist lagi)? Nama domain Anda beresiko lepas ke publik dan bisnis Anda tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya.Salah satu cara pengecekan berapa lama perusahaan web hosting yang Anda pilih di antaranya dengan melakukan whois pada domain perusahaan web hosting tersebut.
Berikut ini cara cek domain website denga whois.
Domain Anda Milik Siapa?
Sejauh ini kami mengamati masih banyak perusahaan web hosting yang tidak transparan dalam memberikan layanan. Sebagian perusahaan ini tidak memberikan domain yang telah dibeli kepada customer sesuai haknya. Atau mungkin domain di atasnamakan customer namun customer tidak diberikan Domain Manager untuk melakukan pengelolaan terhadap domainnya sendiri.Hak atas domain yang tidak di berikan kepada customer akan membawa kesulitan :
Harga Murah? Anda justru patut curiga!
Konsekuensi dari menghadirkan layanan prima tentu saja adalah masalah biaya. Adalah gimmick jika ada slogan harga murah tetapi layanan prima.Bayangkan saja jika Anda sekarang tertarik dengan harga yang murah, akan tetapi tahun depan atau bahkan bulan depan perusahaan web hosting tersebut sudah tidak eksis lagi. Apa yang akan terjadi? Anda kehilangan domain, kehilangan data – data web, dan kerugian lain yang Anda akan menyesalinya, bahkan mungkin akan membuat Anda jera.
Pastikan Anda menggunakan layanan hosting pada perusahaan yang benar – benar profesional. Hubungi via telepon, online chat, atau e-mail untuk memastikan hal tersebut.
Kualitas Hardware, Software, dan Internet Connectivity
Perusahaan hosting yang profesional dan menjaga nama baiknya tentu saja tidak akan mempertaruhkan kualitas layanan. Oleh karena itu hardware dan software pada server tentu saja akan menjadi salah satu concern utama dalam menghadirkan layanan yang prima. Di samping itu satu hal yang pasti, datacenter yang digunakan juga adalah datacenter yang benar – benar berkualitas dengan internet connectivity backbone yang handal sehingga website pelanggan akan cepat diakses dan stabil.Semoga artikel "Tips Memilih Web Hosting" dapat bermanfaat untuk Anda.
0 komentar
Posting Komentar