fhirman-ilham.blogspot.com

Bagaimana Cara Membuat Akun Gmail Atau Google Mail?

Senin, 08 Juli 2013

Bagaimana Cara Membuat Akun Gmail Atau Google Mail?

Gmail merupakan sebuah layanan email milik Google, mungkin dari kita semua sudah mendengarkan tentang layanan ini, dan ingin membuat akun Gmail. Pada halaman web ini saya akan memberikan panduan bagaimana cara membuat akun Google Mail atau lebih sering disebut Gmail. Ada hal yang perlu kita ketahui, bahwa ada banyak keuntungan dari memiliki akun Gmail ini.

Keuntungan dari membuat dan memiliki akun Gmail
Dengan memiliki akun Gmail maka kita dapat mengakses atau menggunakan banyak dari produk layanan Google secara gratis. Beberapa produk Google tersebut seperti Google terjemahan, Google Drive, Google Kalender, Maps, Youtube (yang bergabung dengan perusahaan Google) dan beberapa produk layanan milik dari perusahaan raksasa Google ini. Sehingga ada banyak keuntungan yang kita dapat dari memiliki akun Gmail ini.

Dan juga fitur dari gmail sendiri, dengan layanan ini kita dapat mengirim email atau surat elektronik ke sesama pengguna dari layanan google email ini. Keamanan data dan privasi para pemilik akun juga dinilai cukup aman selama ini oleh banyak pihak. Sehingga layanan Gmail ini menjadi layanan email atau surat elektronik yang sangat populer di dunia.

Langkah-Langkah Cara Membuat Akun Gmail atau Google Mail
Untuk dapat membuat akun Gmail atau Google Mail sebenarnya cukup mudah dan sederhana, sehingga kita Insya Allah dapat menyelesaikan pembuatan akun Gmail ini dengan cepat. Langkah pertama adalah kita menuju ke halaman website Gmail pada link di bawah ini.
Setelah itu akan muncul halaman website Gmail, lihat gambar di bawah ini. Setelahnya akan dijelaskan tentang halaman ini.

Langkah-langkah Bagaimana Cara Membuat Akun Gmail Atau Google Mail?

Gambar diatas merupakan gambar dari halaman login dari website Gmail. Untuk membuat akun klik tombol “BUAT AKUN” atau “Create an Account “ (dalam versi bahasa inggris), tombol tersebut terletak di bagian atas dan paling kanan. Klik tombol tersebut.  Maka kita akan menuju ke halaman pengisian form atau pendaftaran. Lihat gambar di bawah ini.

Langkah-langkah Bagaimana Cara Membuat Akun Gmail Atau Google Mail?
Formulir pendaftaran untuk membuat akun Gmail

Gambar di atas merupakan halaman web berupa formulir pendaftaran, terdapat banyak sekali kotak yang harus diisi. Akan saya jelaskan satu per satu tentang apa yang  harus diisi pada kotak tersebut, di bawah ini:

Yang paling atas kotak dialog “nama”. Disana terdapat dua kotak, maka isi dengan nama depan dan belakang anda.

Pada kotak dialog “Pilih nama pengguna Anda”. Maka kotak tersebut diisi dengan nama Alamat email yang anda ingin buat. Nama email tersebut dapat anda isi dan pilih dengan bebas sesuai dengan keinginan Anda. Setelah anda mengisi alamat email yang anda ingin buat, maka akan ada proses pengecekan terhadap alamat email tersebut, apabila alamat email tersebut sudah dibuat sebelumnya oleh orang lain, maka kita harus mencari alamat email yang lain.

Kotak dialog “Buat Sandi” maka kotak tersebut diisi dengan password. Buat password yang sulit ditebak oleh orang lain. Setelah itu password tersebut harus dihapal dan jangan sampai lupa. Akan lebih baik apabila password tersebut disimpan di sebuah notepad atau media lainnya lalu simpan di tempat yang aman. Untuk mengantisipasi apabila kita lupa password sendiri.

Kotak dialog “Konfirmasi sandi Anda” maka diisi dengan mengetik ulang password yang telah anda ketik pada kotak diatasnya / sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan, sehingga tidak ada karakter password yang salah ketik.

Kotak dialog “Tanggal lahir” maka masukkan tanggal lahir anda, menurut saya hal ini mudah. Masukan tahun, bulan, dan tanggal kelahiran anda.

Kotak dialog “Gender” maka pilih jenis kelamin anda.

Kotak dialog “Ponsel:” maka isi dengan nomor handphone atau ponsel milik anda, handphone ini akan berguna dalam konfirmasi dan pengamanan akun milik anda.

Kotak dialog ”Alamat email Anda saat ini” maka diisi dengan nama email. Isi alamat email yang telah anda miliki saat ini. Hal ini dilakukan untuk membantu anda jika akun Gmail yang sedang anda buat ini mengalami suatu masalah nantinya.

Kotak dialog ”Buktikan bahwa Anda bukan Robot” maka isi kode yang biasanya terdiri dari dua kata. Misalnya yang seperti contoh pada gambar diatas, maka isi dengan: gaigav former. Hal ini dilakukan sebagai bukti yang sedang membuat akun Gmail saat ini adalah manusia, bukan robot otomatis. Anda dapat melewati dan mengganti jenis verifikasi dengan mencentang kotak kecil berbentuk segi empat, sehingga kita menggunakan cara verifikasi dengan menggunakan nomor ponsel.
Kotak dialog “Lokasi” maka pilih dengan Negara tempat lokasi kita berada.

Setelah itu ada kotak centang, yang tujuannya kita wajib menyetujui persyaratan dan ketentuan dari pihak layanan Gmail di dalam menggunakan layanan produk ini. Maka jika anda setuju dapat mencentang kotak tersebut. Jika tidak setuju maka pembuatan akun Gmail menjadi batal.

Jika semuanya sudah diisi maka Klik tombol “Langkah berikutnya”. Maka anda akan menuju halaman untuk memverifikasi akun (apabila anda ingin melakukan verifikasi dengan menggunakan nomor ponsel), maka masukan nomor ponsel atau telepon anda, yang nantinya kita akan dikirim pesan / SMS. Lihat gambar di bawah.

 Langkah-langkah Bagaimana Cara Membuat Akun Gmail Atau Google Mail

Gambar diatas, pada kotak dialog “Negara” maka masukan Negara tempat anda berada. Dan pada kotak dialog “Nomor telepon” maka masukan dengan nomor telepon atau ponsel milik anda, yang nantinya pihak Gmail akan mengirim SMS ke nomor tersebut yang berisi kode. Jika semua kotak sudah diisi maka klik tombol “Kirim kode verifikasi”. Setelah itu kita akan menuju halaman baru. Lihat gambar dibawah ini.

Langkah-langkah Cara Membuat Akun Gmail Atau Google Mail

Pada gambar di atas adalah halaman web untuk memverifikasi kode yang telah dikirim dari pihak Gmail. Tunggu sesaat kode tersebut akan dikirim ke nomor ponsel anda. Setelah anda menerima SMS tersebut yang biasanya berisi kode dengan 6 angka. Maka isi kode tersebut di kotak, lalu klik tombol Verifikasi.

Setelah anda klik tombol verifikasi dan juga kode yang anda masukan benar. Maka anda akan menuju halaman baru untuk mengedit profil akun milik anda, seperti yang ada pada gambar di bawah ini.

Langkah-langkah Cara Membuat Akun Gmail Atau Google Mail?
Pada gambar halaman diatas, anda dapat memasukkan sebuah foto atau gambar. Tetapi ini hanya pilihan, jika anda belum mau untuk mengedit profil, maka klik tombol “Langkah berikutnya”. Setelah itu kita akan dibawa ke halaman ucapan selamat datang, yang berarti akun Gmail anda telah sukses dibuat. Lihat pada gambar di bawah ini.


Pada gambar halaman web diatas, maka klik tombol “Lanjutkan ke Gmail”, maka anda akan menuju masuk ke halaman akun milik anda yang telah selesai dibuat. Maka Anda dapat memanfaatkan fitr-fitur yang telah disediakan.

Pertama masuk ke akun Gmail yang baru dibuat, biasanya akan ada 3 buah email yang dapat kita buka.  Di email tersebut ada waktu pengiriman email tersebut yang merupakan waktu pembuatan email anda. Anda akan membutuhkan data Waktu ini jika terjadi hal buruk atas akun anda, seperti anda ingin mengembalikan akun email Google yang dihack oleh pihak lain.

Apalagi bila anda ingin membuat Gmail untuk bisnis maka diperlukan keamanan yang lebih dan ketat sehingga keamanan akun menjadi lebih terlindungi. Demikian langkah-langkah bagaimana cara membuat akun Gmail ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.
Apabila artikel tentang cara membuat akun Gmail ini dirasa dapat bermanfaat, silahkan anda dapat menshare artikel ini melalui facebook, twitter, Goggle+ atau yang lainnya, pada tombol di bawah ini. 

0 komentar

Posting Komentar