fhirman-ilham.blogspot.com

Kelebihan Dan Kelemahan Dalam Menggunakan Layanan Terjemahan Google Translate

Selasa, 02 Juli 2013

Kelebihan Dan Kelemahan Dalam Menggunakan Layanan Terjemahan Google Translate

Google Translate merupakan sebuah layanan aplikasi di internet yang berguna untuk menerjemahkan sebuah bahasa ke bahasa lainnya. Karena Google terjemahan ini merupakan layanan internet, jadi untuk memanfaatkan fitur yang terdapat pada Google Translate kita harus memasang atau mengaktifkan Jaringan internet di komputer. Dengan kata lain layanan Google Translate ini merupakan layanan online.

Pengembang atau pembuat layanan terjemahan ini sebenarnya masih satu perusahaan dengan layanan Search engine terbesar Google, layanan Gmail dan beberapa lainnya. Dan juga aplikasi online Google Translate sudah menjadi layanan terjemahan online yang terbaik dan juga sangat populer di kalangan pengguna komputer di seluruh dunia. Dengan mendukung sangat banyak bahasa di dunia termasuk bahasa Indonesia. Sehingga ini merupakan fitur kelebihan utama yang dimiliki oleh layanan terjemahan online ini.

Menerjemahkan banyak paragraf sekaligus dengan cepat
Kelebihan lainnya dari Google Translate adalah dapat menerjemahan banyak kalimat bahkan paragraf sekaligus. Kita dapat memasukan beberapa paragraf agar nantinya akan dilakukan terjemah secara otomatis oleh layanan google Translate ini. Lamanya waktu penerjemahan tergantung dari banyaknya kalimat yang ingin kita terjemahkan, dan yang kedua adalah kecepatan akses internet juga dapat mempengaruhi. Dan secara umum Google Translate memiliki kelebihan dalam hal kecepatan yang baik dalam menerjemahkan suatu kalimat.

Kita dapat melakukan terjemahan dengan banyak kalimat atau paragraf hanya dengan cara copy-paste paragraf dari isi dokumen yang ingin kita terjemahkan. Sehingga tidak perlu menulis ulang yang tentunya ini sangat melelahkan apabila ada banyak kalimat atau paragraf yang ingin diterjemahkan, dan juga sangat lama waktu untuk mengetik kalimat yang banyak tersebut. Jadi tinggal copy-paste saja ke dalam kolom terjemahan.

Memang menurut saya, dengan perkembangan teknologi saat ini sangat memudahkan kita dalam melakukan suatu pekerjaan seperti salah satunya ingin menerjemahkan kata atau kalimat yang banyak dengan mudah dan cepat. Tentunya bagi orang-orang Indonesia yang memang kebanyakan belum memguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, maka dapat memanfaatkan fitur-fitur dan kelebihan yang ada pada layanan Google Translate.

Kelebihan Dan Kelemahan Dalam Menggunakan Layanan Terjemahan Google Translate
Menerjemahkan kalimat "Saya makan bakso" ke dalam Bahasa Inggris

Google Translate Mendukung banyak bahasa
Kelebihan dari Google Translate lainnya yaitu layanan terjemahan ini mendukung sangat banyak bahasa di dunia. Seperti Bahasa Belanda, Inggris, Indonesia, Jepang, Jerman, Kannada, Korea, Laos, Perancis, Rumania, Rusia, Spanyol, Turki, Yunani dan masih banyak lainnya, lebih dari 70 bahasa yang didukung oleh aplikasi online Google Translate. Tentunya ini merupakan kelebihan yang sangat Istimewa yang dimiliki oleh layanan terjemahan online ini.

Bahkan pihak pengembang dari layanan Google Translate ini telah menambahkan 5 bahasa baru, yaitu:
  1. Bahasa Bosnia yang merupakan bahasa resmi di Negara Bosnia dan Herzegovina,
  2. Bahasa Cebuano merupakan salah satu bahasa yang digunakan di Negara Filipina, terutama di daerah bagian pusat yaitu daerah Visayas dan daerah bagian selatan yaitu di wilayah Mindanao.
  3. Hmong merupakan bahasa yang digunakan oleh banyak negara, seperti China, Vietnam, Laos, Thailand dan bahkan digunakan di beberapa Negara bagian Amerika Serikat
  4. Bahasa Marathi merupakan bahasa yang digunakan di daerah India. Sebelumnya Google Translate juga sudah mendukung beberapa bahasa India lainnya seperti Bengali, Gujarati, Hindi, Kannada, Tamil, Telugu dan Urdu
  5. Bahasa Jawa yang merupakan bahasa yang banyak digunakan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, di Negara Indonesia. Tentunya ini merupakan kebanggaan tersendiri untuk masyarakat Indonesia terutama yang didaerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Telah menjadi bahasa yang didukung oleh Google Translate.
Mendeteksi dan membenarkan ejaan kata
Kelebihan selanjutnya yang terdapat pada Google Translate adalah layanan terjemahan online ini mampu untuk mendeteksi sebuah kata atau kalimat, sehingga nantinya bisa diketahui asal bahasa dari kata atau kalimat tersebut. Tentunya ini merupakan fitur kelebihan yang sangat bagus dari Google Translate, sehingga apabila kita menemukan suatu kata atau kalimat yang tidak diketahui, maka dengan fitur kelebihan aplikasi online ini, kita dapat mengetahui asal dari kata tersebut.

Fitur kelebihan Google Translate lainnya yaitu apabila kita melihat hasil terjemahan yang kurang baik, maka Google Terjemahan akan memberikan hasil terjemahan alternatif lainnya. Untuk dapat menggunakan fitur untuk melihat hasil alternatif tersebut, maka cukup dengan klik frasa atau kata yang dinilai masih kurang akurat di dalam terjemahannya. Setelah di klik kata tersebut, maka akan muncul babarapa kata lainnya, pilih kata terjemahan yang paling baik menurut kita.

Setelah itu masih ada beberapa fitur dan kelebihan lainnya yang terdapat pada layanan terjemahan online ini, seperti dapat menggunakan fitur membaca otomatis (berbantuk suara) dari kalimat yang kita tulis pada kolom terjemahan. Lalu ada juga fitur menggunakan keyboard virtual dan fitur kelebihan untuk menyimpan terjemahan favorit yang dapat kita setting.

Kualitas Pola kalimat hasil terjemahan perlu ditingkatkan
Adapun kekurangan yang masih terdapat pada Google Translate yaitu kualitas dan keakuratan pola kalimat terjemahan yang masih perlu ditingkatkan, sebenarnya untuk masalah keakuratan dalam menerjemahkan memang merupakan masalah yang dihadapi oleh semua aplikasi layanan terjemahan, baik yang online maupun offline, masih kesulitan dalam membuat terjemahan yang benar-benar akurat.

Kedepannya pengembang dari layanan terjemahan ini akan terus melakukan peningkatan kualitas terjemahan agar lebih akurat lagi. Dan juga seperti yang telah dijelaskan di atas, apabila kita ingin menggunakan layanan Google Translate ini harus mengaktifkan internet. Sehingga apabila komputer kita tidak bisa terpasang Internet, maka tidak dapat menggunakan layanan terjemahan ini. Ada sebuah aplikasi atau software yang dapat berguna untuk menerjemahkan kata yaitu aplikasi Transtool yang dapat digunakan secara offline. Anda dapat menggunakan layanan Google terjemahan dengan mengunjungi link di bawah ini.
http://translate.google.co.id/
Dari semua fitur kelebihan dan kelemahannya, maka layanan google Translate ini tetap menjadi layanan terjemahan online yang paling populer, yang digunakan oleh banyak orang di dunia. Apalagi untuk menggunakan layanan ini gratis. Semoga Artikel tentang kelebihan dan kelemahan dalam menggunakan layanan terjemahan Google Translate ini dapat bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Apabila artikel tentang kelebihan dan kelemahan Google Translate ini dapat bermanfaat, silahkan anda dapat menshare artikel ini melalui facebook, twitter, Goggle+ atau yang lainnya, pada tombol di bawah ini.

0 komentar

Posting Komentar